Orientasi Siswa Baru MTsN Keude Linteung


Masa Orientasi Siswa (MOS) MTsN Keude Linteung berakhir hari Rabu (17/7) ini. Penutupan dilakukan oleh Bapak Muhammad, S.Ag, yang ditandai dengan pesijuek siswa baru oleh Wakamad.
Kegiatan berlangsung selama 4 hari penuh yang dilaksanakan oleh OSIM MTsN Keude Linteung, yaitu siswa-siswi kelas VIII dan IX. Mereka merupakan mentor pada seluruh rangkaian kegiatan MOS ini. Kegiatan berlangsung dalam ruangan dan di luar ruangan dalam lingkungan madrasah setempat.
Kegiatan yang dilakukan antara lain: pembinaan keagamaan yang dilakukan dalam ruangan kelas dengan pembina dari guru-guru setempat. Sementara kegiatan di luar ruangan banyak dilakukan berkaitan dengan lomba antar siswa-siswi baru tersebut. Baris berbaris juga kegiatan merupakan menu utama pelaksanaan MOS di sini.
Dengan menggunakan beragam macam pakaian selama berlangsungnya kegiatan, ada yang menggunakan daster seperti mak-mak, ada yang berlaga seperti ustad dan ustazah, dan bahkan ada yang seperti petani. Dan banyak ragam pakaian lainnya yang lucu-lucu yang dikenakan oleh peserta. Sehingga membuat suasana pelaksanaan MOS dalam bulan ramadhan ini tidak terasa telah berakhir, dan meninggalkan kesan yang sangat mendalam.
Pada penutupan yang diwakili oleh Waka Kurikulum, Bapak Muhammad, S.Ag yang didampingi oleh Ibu Waka Kesiswaan Ernawati, S.Ag beserta guru-guru lain. Beliau menyampaikan bahwa ini merupakan kegiatan tahunan pada awal tahun ajaran baru. Diharapkan kepada siswa baru dan abang dan kakak kelas tidak menimbulkan dendam baik selama kegiatan berlangsung, maupun sesudahnya. Mari menyosong belajar mengajar dengan baik dan disiplin sehingga semakin memperkuat MTsN Keude Linteung dalam pendidikan anak bangsa.
Penutupan MOS diakhiri dengan pembacaan shalawat badar secara bersama yang menambah kekusyukan acara ini, dan juga pertanda bahwa ini adalah madrasah yang memiliki pendidikan berbasis Islam. Diakhir acara peserta MOS dan kakak-kakak kelas VIII dan IX berkeliling ibu kota kecamatan Seunagan Timur, Keude Linteung. Ini sebagai pertanda bahwa siswa MTsN Keude Linteung tetap menyatu dalam bingkai masyarakat setempat.
Pada tahun pelajaran 2013/2014 ini MTsN Keude Linteung menerima siswa siswi baru sejumlah 85 orang. ( http://aceh.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=151579 )