Tips Jitu Memilih Notebook Yang Pas!


Apakah anda sebagai pelajar, pekerja atau professional sudah cukup lama berpikir untuk membeli notebook/laptop. Tapi sangat banyak merek dan model notebook yang ditawarkan sehingga kita justru malah bingung dalam memilih. Satu merk kadang mengeluarkan sampai 6 model. Sebenarnya para produsen computer tersebut bukan mau sok banyak-banyakan tipe notebook. Mereka hanya berusaha memenuhi kebutuhan pasar yang ternyata berbeda-beda. Ada yang membutuhkan kecepatan, ada yang menginginkan layar monitor lebar, ada yang mau notebook berbobot ringan dan sederet keinginan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa merk-merk Notebook andalan yang selama ini beredar di pasaran dan ini aalah seri papan atas :

  1. Acer (seri populer: TravelMate). Banyak diminati karena harganya relative murah dibanding yang merek lain.
  2. Fujitsu (seri populer: Lifebook). Dikenal dengan notebook ukuran mininya dan kualitas layar monitor yang bagus. Harganya tidak terlalu mengagetkan.
  3. Hewlett-Packard Compaq (seri popular: Pavillion dan Business Notebook). Termasuk perintis dalam dunia notebook.
  4. IBM (seri populer: Thinkpad). Terkenal tangguh, dan harganya belakangan ini makin menyesuaikan diri dengan pasar.
  5. Sony (seri populer: VAIO). Pendatang baru yang melesat lewat seri VAIO yang stylish.
  6. Toshiba (seri populer: Portege dan Satellite). Termasuk paling rajin mengeluarkan berbagai model. Unggul di notebook tipe ultra portable dan tipis dan penuh warna.

Maka cermatilah kebutuhan Anda, sebelum memutuskan untuk memilih merk dan tipe notebook tersebut. Termasuk pengguna tipe bagaimanakah sebenarnya Anda? Berikut ini ada 5 tipe pengguna notebook yang sering terdeteksi:

  1. Tipe Rumah. Makin banyak orang membeli notebook untuk dipakai di rumah. Soalnya sudah banyak notebook menawarkan kemampuan yang sama dengan PC biasa, namun gampang digotong di seputar rumah. Pengguna tipe ini umumnya mencari layar monitor yang cukup besar (14 inchi), kapasitas penyimpanan yang besar (HDD) untuk menyimpan foto atau video.
  2. Tipe Pelajar. Mereka membutuhkan notebook yang tidak terlalu berat untuk dibawa ke sana ke mari di seputar kampus, cafe-cafe, tapi juga tahan banting karena dimasukkan ke dalam tas punggung atau ransel. Dan yang lebih penting lagi, bisa dimiliki dengan budget terbatas. Tipe ini tidak terlalu mementingkan layar monitor. Mereka juga tidak terlalu mementingkan kecepatan prosesor. Tapi mereka membutuhkan hard disk besar (HDD). Bukan untuk menyimpan dokumen pelajaran, tapi untuk lagu-lagu MP3.
  3. Tipe Pelancong. Mereka sering terbang dari satu kota ke kota lain. Sehingga faktor berat menjadi pertimbangan utama. Mereka menyukai notebook yang tipis dan ringan. Lebar layar monitor yang kecil saja (9-11 inchi), sehingga tak merepotkan saat digunakan di atas pesawat terbang.
  4. Tipe Pekerja. Jiika Anda termasuk dalam golongan ini, maka Anda membutuhkan yang balanced - seimbang. Tidak terlalu besar dan terlalu mini. Kecepatannya juga masuk dalam golongan menengah. Begitu pula dengan hard disk-nya. Selain itu Anda membutuhkan baterai tambahan.
  5. Tipe Designer/Gamer. Tipe ini betul-betul menuntut notebook kelas atas. Prosesornya harus kuat. Memorinya melimpah ruah (RAM), kartu grafiknya juga kelas berat (VGA card) untuk kebutuhan grafis dan tentu saja hard disk yang lega (HDD). Harga notebook kelas ini pastinya kelas atas.
Jadi kuncinya adalah kawinkan kebutuhan Anda dengan tipe notebook yang ditawarkan, dan tentu saja tidak ketinggalan adalah harganya. Nah, semoga referensi ini membuat anda tidak bingung lagi dalam memilih notebook kan?