Shadaqah, Infak dan Qurban di MTsN Keude Linteung



Siswa-siswi MTsN Keude Linteung diselimuti kegembiraan yang sangat lega. Mereka telah berhasil melakukan salah satu perbuatan yang disenangi oleh Allah SWT. Perbuatan yang rutin dilakukan setiap hari raya Iduel Adha.
Senin (14/10) lalu, pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan seluruh siswa-siswi MTsN Keude Linteung melakukan Pelaksanaan Qurban. Kegiatan ini dikelola langsung oleh pegurus OSIM, kegiatan yang berawal dari program kerja tahunan OSIM MTsN Keude Linteung  yaitu penggalangan dana melalui tabungan SIQ (Sedekah Infaq dan Qurban) yang sudah pengurus OSIM kumpulkan.
Penggalangan dana SIQ ini dilakukan secara kontinyu pada setiap hari jum’at, yaitu saat siswa siswi melaksanakan kegiatan wirid yasin bersama di halaman madrasah (jam 07.30 wib). Setelah wirid yasin tersebut, siswa-siswi lalu mengumpul tabungan SIQ melalui ketua kelasnya masing-masing yaitu dengan cara menyisihkan sebagian dari jajan yang diberikan oleh orang  tuanya  secara ikhlas tanpa paksaan.
Kenapa dilakukan sebelum hari raya, karena diharapkan daging kurban ini bisa bermanfaat untuk penerima manfaat. Sebab pada hari tersebut merupakan hari meugang, sehingga merupakan moment yang paling pas bagi orang Aceh dan Nagan khususnya.
Jasaf Wanida, mengatakan “penerima manfaat SIQ ini berjumlah 31 orang, yaitu kelas VII sebanyak 8 orang siswa, kelas VIII sebanyak 10 orang siswa dan kelas IX sebanyak 13 orang siswa. Penerima manfaat ini merupakan anak yatim dan siswa-siswi miskin yang ada di madrasah ini”.
Diharapkan kepada penerima bisa bermanfaat untuk menyongsong hari raya Iduel Adha tersebut. Dan kegiatan SIQ ini bagi siswa-siswi bisa menjadi budaya yang bisa terus dikembangkan di MTsN Keude Linteung. (http://aceh.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=161920 )