Pelatihan Keuangan dan Buku Kas Nagan Raya



Rabu, 10 April 2013, Kantor Kemenag Nagan Raya mengadakan pelatihan keuangan bagi satuan kerja di lingkungan Kantor kemenag Nagan Raya. Setiap satker mengutuskan bendahara pengeluaran dan operator EMPA.
Acara tersebut dibuka oleh Kasubbag TU Kemenag Nagan Raya Tgk. Aidi Putra, S. Ag. Dalam arahannya mengharapkan agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Hal ini diharapkan agar para pengelola keuangan di lingkungan Kemenag Nagan Raya dapat terus mengupdate program-program laporan keuangan yang setiap tahunnya terus diperbaharui.
Tgk. Aidi Putra juga menyampaikan agar pada penyampaian materi yang akan disampaikan oleh facilitator dari Kemenag Nagan nanti, dapat lebih memperjelas tentang isu-isu terkini dalam pelaporan keuangan. Ini diperlukan juga karena banyaknya penanggungjawab keuangan dan bendahara satker yang sering berganti. Sehingga pelatihan seperti ini diperlukan oleh para satker. Kemenag sendiri juga bertanggungjawab agar bisa terus mempertahankan WTP pada tahun berikutnya. Sehingga nama kementerian Agama RI juga semakin bagus dalam kiprahnya di masyarakat dan negara.
Pelatihan ini diisi oleh tiga orang Fasilitator local dari Kemenag Nagan Raya yang menyampaikan materinya masing-masing. Salman Syahputra mempresentasikan tentang Aplikasi EM-PA. Mirza menyampaikan tentang pelaporan keuangan terutama yang berkaitan dengan buku kas umum dan buku kas pembantu. Sementara Akhyar mempresentasikan mengenai PP 39 tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan, lebih khusus pada pelaporan triwulan. [Zulyadi Miska]